oleh

Umur 30 Tahun Segmen Pengguna Narkoba di Jambi

Kota Jambi, Jambi Link | Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar mengapresiasi dan sekaligus menghadiri acara Peresmian Gedung Instalasi Narkoba. Bertempat di Rumah Sakit Jiwa Daerah  Provinsi Jambi. Selasa (24/7/2018).

Hadir dalam acara tersebut Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar, Perwakilan Kementerian Kesehatan RI Dokter Gigi Luri Hartati, Kasubdit Masalah Penyalahgunaan Napza Dit. P2 Kemenkes RI, Dir Narkoba Polda Jambi, Danrem 042/Gapu, BNN Provinsi Jambi, dan Direktur Rumah Sakit Jiwa beserta jajaran.

Dalam sambutan Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan Narkoba tidak hanya merugikan individu tetapi juga berdampak pada ketahanan politik, ekonomi, sosial masyarakat, bangsa dan negara secara keseluruhan.

”Penyalahgunaan narkoba telah menyasar kesemua kelompok usia. Berdasarkan hasil survei BNN tahun 2017 prevalensi pengguna narkoba lebih tinggi pada usia diatas 30 tahun dengan pendidikan SD/SMP,” ujar Fachrori.

“Perang besar terhadap Narkoba telah digenderangkan, Dalam setahun terdapat 18.000 orang meninggal akibat Narkotika. Angka ini bukan angka kecil, sudah darurat. Oleh karenanya semua harus bekerjasama karena kondisinya sudah sangat darurat. Begitu pesan Presiden Joko Widodo,” lanjutnya.

Fachrori menyampaikan dalam RPJMN 2015-2019 telah ditetapkan bahwa Pemberantasan Narkoba dan Psikotropika sebagai salah satu agenda Pembangunan Nasional dalam nawacita ke – 4 yaitu memperkuat kehadiran Negara dalam melakukan Reformasi Sistem dan Penegakan Hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.

“Pemerintah Pusat telah menetapkan sasaran penurunan laju peningkatan prevalensi penyalahgunaan Narkoba dari 0,08 persen pada baseline tahun 2014, menjadi 0,05 persen pada tahun 2019,” papar Fachrori.

Fachrori juga menyampaikan Pemerintah Provinsi Jambi sendiri melalui visi Jambi Tuntas yaitu Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh Adil dan Sejahtera, Telah menetapkan Misi ke-2 yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang sehat, terdidik, berbudidaya, agamis, dan bersetarakan gender.

”Telah dianggarkan beberapa OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Biro Kesejahteraan Maayarakat Setda Provinsi Jambi, dan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi.

“Sejalan hal tersebut saya menyambuat baik upaya yamg dilakukan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi melalui Penyediaan Gedung Instalasi Narkoba” Lambda”. Karena konsekuensi penyalahgunaan Narkoba 25% adalah gangguan kejiwaan/depresi. Diharapkan upaya ini turut berkontribusi dalam menyelamatkan generasi bangsa kita dari jahatnya cengkraman narkoba,” jelasnya. (akn)

News Feed