oleh

Gawat! Ponsel Samsung Kirim Foto Secara Acak Tanpa Izin

Jakarta – Sejumlah pengguna Samsung mengeluh ponsel mereka mengirimkan foto dan pesan secara acak kepada kontak tanpa izin. Kok bisa?

Berdasarkan laporan pengguna, permasalahan berasal dari Samsung Messages, aplikasi SMS default di Galaxy S8 dan S9. Jadi aplikasi tersebut mengirimkan foto yang ada pada galeri penyimpanan kepada kontak via SMS pada tengah malam.

Tak hanya itu, aplikasi Samsung Messages tidak meninggalkan jejak apapun setelah mengirimkan gambar atau pesan sehingga pengguna tidak tahu bahwa foto mana dan kepada siapa pesan telah dikirimkan. Hal ini menimbulkan rasa was-was pada pengguna, karena ditakutkan ponsel mengirimkan foto tersebut kepada rekan bisnis, bos, atau orang lain yang tidak begitu dekat dengan pengguna.

“Tadi malam sekitar 02.30 pagi, ponsel saya mengiriminya seluruh galeri foto saya melalui teks tetapi tidak ada catatan tentang itu di aplikasi pesan saya. Namun, ada catatan di log T-Mobile. Kenapa ini terjadi?,” tutur satu pengguna Reddit seperti dilansir dari laman The Guardian, Rabu (4/7/2018).

“Anehnya, telepon istri saya melakukan itu tadi malam, dan ponsel saya melakukannya malam sebelumnya,” kata akun Sfkn123. “Saya pikir ini ada hubungannya dengan aplikasi SMS Samsung yang diperbarui dari Galaxy Store. Ketika ponselnya mengirimi saya galeri miliknya, itu tidak muncul di catatan ponselnya – dan sebaliknya.”

Atas permasalah ini, pihak Samsung pun telah merespon. Mereka mengatakan akan langsung menginvestigasi laporan para pengguna.

“Kami sadar akan laporan terkait permasalahan ini dan tim teknis kami sedang menyelidiki penyebab permasalahan. Pelanggan yang mengalami masalah ini diharapkan dapat menghubungi kami secara langsung,” jelas Samsung.

Bagi pengguna Samsung yang khawatir ponsel mereka akan mengirimkan foto secara acak, saat ini ada dua perbaikan yang dapat dilakukan. Pertama, masuk ke pengaturan aplikasi dan ubah kemampuan Samsung Messages untuk mengakses penyimpanan. Hal ini dapat mencegah Samsung Messages mengirimkan foto atau apapun yang ada pada penyimpanan perangkat pengguna sampai solusi nyata dari Samsung dirilis.

Opsi lainnya adalah dengan beralih menggunakan aplikasi pesan seperti Android Messages atau WhatsApp, yang mana tidak terpengaruh oleh gangguan yang ada pada aplikasi SMS Samsung. (*)

 

 

Sumber: detik.com

News Feed