oleh

Hujan Lebat, Jalan ­Kerinci-Bangko Longsor

KERINCI – Intensitas hujan yang tinggi serta angin kencang mengakibatkan terjadinya longsor di jalan lintas Kerinci-Bangko, tepatnya di daerah Bedeng 12 Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci. Selasa (23/5/2018). Akibat longsor tersebut, terjadi antrian kendaraan bermotor yang mencapai 2 km.

Informasi yang berhasil dihimpun, longsor dan pohon tumbang terjadi pada pukul 22.30 WIB, saat hujan deras. Ratusan mobil dan motor yang melintas dijalan tersebut tak bergerak terjebak longsor. “Longsor di Bedeng 12, ada ratusan motor dan mobil yang terjebak,” ungkap Edi Saputra, warga Kerinci.

Setelah lebih lima jam menunggu, lanjut Edi, baru sekitar pukul 03.00 WIB jalan bisa dilewati. “Cuacanya juga tidak mendukung, kita akhirnya kembali ke Kerinci dan sahur di Muara Emat. Kita baru bisa pulang sekitar pukul 03.00 wib,” katanya.

Camat Batang Merangin, Heri Cipta, dikonfirmasi mengatakan, usai mendapat informasi dari warga terkait longsor dan pohon tumbang tersebut, dirinya langsung turun kelapangan.

Pada waktu bersamaan sambung Heri, dirinya juga menurunkan 1 unit alat berat yang merupakan bantuan dari Provinsi Jambi, yang telah diserahkan beberapa waktu lalu.

“Setelah bekerja hampir 1 jam, akhirnya material longsor berhasil dibersihkan, dan ratusan motor dan mobil yang sempat terjebak sudah bisa lewat,” ungkapnya.

Terpisah Kepala BPBD Kerinci, Darifus membenarkan adanya longsor tersebut. “Saat ini, Jalan Kerinci-Bangko dan sebaliknya sudah bisa dilewati, material longsor sudah dibersihkan, lalu lintas sudah lancar,” ungkapnya.

Untuk membersihkan material longsor lanjutnya, Pemkab Kerinci melalui Dinas PUPR Kerinci menurunkan Satu alat berat untuk membersihkan material longsir yang menutupi badan jalan. “Kita tetap berharap masyarakat maupun pengguna jalan tetap berhati-hati melewati jalan Kerinci-Bangko, terutama pada arus mudik nantinya. Apalagi pada cuaca hujan, karena ada beberapa titik jalan Kerinci-Bangko rawan Longsor,” sebutnya. (rzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed